Peningkatan Karier Keperawatan Melalui Pengembangan Pendidikan Formal di RS X Jakarta: Pilot Study
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendahuluan: Pendidikan formal penting bagi profesi 1000 karena menjamin profesionalisme perawat. Metode: pilot study menggunakan pendekatan pemecahan masalah yang dimulai dari masalah, analisis masalah dengan diagram fishbone, penyusunan Plan of Action , implementasi dengan PDCA, evaluasi serta analisis gab dengan literature review. Penelitian dilakukan kepada perawat pelaksana n = 77 dan menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil:Hasil masalah yang didapatkan yaitu perawat manajer di salah satu RS X Jakarta telah merencanakan peningkatan karir perawat melalui pengembangan pendidikan formal tetapi perlu ditingkatkan. Panduan peningkatan kemajuan melalui pengembangan pendidikan formal dan Pemetaan E-Pendidikan Formal sebagai instrument dapat membantu manajer meningkatkan dalam perencanaan pendidikan formal bagi perawat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- REFERENSI
- Undang-undang RI No. 38. Undang - undang nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan. Vol. 1, Rabit : jurnal teknologi dan sistem informasi univrab. 2014.
- Karami A, Farokhzadian J, Foroughameri G. Hehehe. PLoS One. 2017;12(11):1–15.
- Massimi et al. ualitas dan relevansi pendidikan magister bagi pengembangan profesional perawat dan bidan. 2017;
- Mlambo M, Silén C, McGrath C. Lifelong learning and nurses’ continuing professional development, a metasynthesis of the literature. BMC Nurs. 2021;20(1):1–13.
- PPNI. Standar Luaran Keperawatan Indonesia : Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan, Edisi 1. Jakarta : DPP PPNI. Dpp Ppni. 2018.
- Hariyati RTS. Perencanaan, pengembangan dan utulisasi tenaga keperawatan [Internet]. 2014. Available from: http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=2990
- Conventry et al. Organizational impact of nurse supply and workload on nurses continuing profesional development opportunities An Integrative. J Adv Nurs. :2715-2727.
- Huston M&. Leadership roles and management functions in; application, Theory and nursing. In: 6th ed. Angewandte chemie international; 2013.
- Green JK, Huntington AD. Accepted manuscript. 2017;
- Robbins SP, Judge TA. Organizational behavior. Fortune. 2017;290.
- Sandehang PM, Hariyati RTS, Rachmawati IN. Nurse career mapping: A qualitative case study of a new hospital. BMC Nurs. 2019 Aug 16;18.
- Nilasari P, Saraswasta IWG, Agustina FU, Ayu V, Pratiwi LA, Afriani T. Upaya pengembangan sumber daya keperawatan melalui CPD (continuing professional development). Kepemimpinan dan Manajemen keperawatan. 2021;4(1).
- Subiantoro A, Dewanto D, Jak Y. Analisis Persepsi Perawat Pelaksana Terhadap Pelaksanaan Sistem Jenjang Karir Berdasarkan Kompetensi Di RS An-Nisa Kota Tangerang. J Manaj dan Adm Rumah Sakit. 2018;
- Rustam. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang S1 Keperawatan. 2013; Available from: http://usu.com/2013/03/01/faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-motivasi-perawat-untuk-melanjutkan-pendidikan-ke-jenjang-s1-keperawatan
- Suprapto S, Mulat TC, Hartaty H. Strategi Pengembangan Kapasitas Perawat dalam Pelayanan Kesehatan. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2021 Jun 30;10(1):133–8.