Kunci Sukses Komunikasi Perawat dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mira Asmirajanti
Ety Nurhayati
Widia Sari

Abstract

Pendahuluan: Perawat sebagai petugas kesehatan berperan penting dalam peningkatan kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat. Perawat harus memberikan informasi dan pendidikan kesehatan secara terus menerus dengan menggunakan komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komunikasi verbal dan non-verbal perawat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.


Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif secara potong lintang. Responden dipilih secara purposive sampling dari masyarakat di sekitar Bandung dan Jakarta. Berjumlah 118 orang yang dipilih secara insidental, pernah mendapat pelayanan kesehatan di rumah sakit atau puskesmas, berusia lebih dari 20 tahun. Sebelum pengumpulan data mereka diberikan gambaran tentang komunikasi verbal dan non-verbal. Responden yang bersedia dilanjutkan pada pengumpulan data dengan kuesioner elektronik dan dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial.


Hasil: Median komunikasi verbal dan non-verbal perawat umunya baik, 34.18% dan 19.61%. Median upaya peningkatan kesehatan juga baik, 50.12%. Komunikasi verbal dan non-verbal perawat dalam pemberian pendidikan kesehatan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat adalah signifikan (p<0.000) dan berpengaruh yang kuat. Setiap kali perawat memberikan pendidikan kesehatan dengan baik dapat meningkatkan 0.743 kali kesehatan masyarakat.


Kesimpulan dan saran: Komunikasi perawat yang baik pada pendidikan kesehatan akan meningkatkan kesehatan masyarakat. Komunikasi perawat harus terus ditingkatkan. Masyarakat yang telah mendapat pendidikan kesehatan diharapkan dapat memelihara dan mempertahankan kesehatannya sehingga biaya kesehatan efisien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
1.
Asmirajanti M, Nurhayati E, Sari W. Kunci Sukses Komunikasi Perawat dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. jdk [Internet]. 2022 Mar. 29 [cited 2024 May 5];10(1):76-81. Available from: http://jdk.ulm.ac.id/index.php/jdk/article/view/26

References

  1. UU RI no. 36. Undang-Undang RI No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dep Kesehat RI. 2009;2009(75):31–47.
  2. Alligood MR. Nursing theory utilization & application. Fifth. St. Louis, Missouri: Elsevier Inc.; 2014.
  3. Innstrand ST. Health promotion-theory and pracice [Internet]. Trondheim, Norway: Research Centre for Health Promotion and Resources; 2012. 1–296 p. Available from: papers2://publication/uuid/F3C27724-E820-4E23-B43B-9C1DFFC5939F
  4. Kourkouta L, Papathanasiou I V. Communication in nursing practice. Mater Sociomed. 2014;26(November 2013):65–7.
  5. Telaumbanua HT. Peran komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien dalam pemberian pendidikan kesehatan di pelayanan kesehatan. Universitas Sumatra Utara Medan; 2019.
  6. Yati M. Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Post Operasi Di Ruang Inap Bedah RSUD Kabupaten Buton Tahun 2014. Ter J. 2014;14–23.
  7. Perdana F, Herawati H. Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Melalui Program Literasi Kesehatan Dan Hibah Buku Di Desa Cintamulya Rw 05 Jatinangor. Dharmakarya. 2018;7(1):6–10.
  8. Adams M, Maben J, Robert G. ‘It’s sometimes hard to tell what patients are playing at’: How healthcare professionals make sense of why patients and families complain about care. Heal (United Kingdom). 2018;22(6):603–23.
  9. Molina‐mula J, Gallo‐estrada J. Impact of nurse‐patient relationship on quality of care and patient autonomy in decision‐making. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(3).
  10. Craven R, Hirnle C, Jensen S. Fundamentals of nursing : human health and function. Seventh. Brandon C, editor. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2013.
  11. Sheldon LK, Hilaire DM. Development of communication skills in healthcare : Perspectives of new graduates of undergraduate nursing education. J Nurs Educ Pract. 2015;5(7):30–7.
  12. Weber K, Farrell T. Developing therapeutic communication skills: integration of standardized client simulation in an associate degree nursing program. Univ Nevada Las Vegas [Internet]. 2016; Available from: http://digitalscholarship.unlv.edu/thesesdissertations/2833/?utm_source=digitalscholarship.unlv.edu%2Fthesesdissertations%2F2833&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
  13. Mitchell SE, Laurens V, Weigel GM, Hirschman KB, Scott AM, Nguyen HQ, et al. Care transitions from patient and caregiver perspectives. Ann Fam Med. 2018;16(3):225–31.
  14. Meehan TC. The Careful Nursing philosophy and professional practice model. J Clin Nurs. 2012;21(19–20):2905–16.
  15. Innstrand ST, editor. Health promotion - theory and practice. Trondheim, Norway: Research Centre for Health Promotion and Resources HiST/ NTNU; 2012. 1–296 p.
  16. Blackman I, Henderson J, Willis E, Hamilton P, Toffoli L, Verrall C, et al. Factors influencing why nursing care is missed. J Clin Nurs [Internet]. 2014;1–10. Available from: https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/46692871/Factors_influencing_why_nursing_care_is_20160621-11206-ei495u.pdf
  17. Bruce A, Rietze L, Lim A. Understanding Philosophy in a Nurse’s World: What, Where and Why? Nurs Heal [Internet]. 2014;2(3):65–71. Available from: http://www.hrpub.org
  18. Yamasaki M, Someya F. Seasonal changes in activity levels among nursing care insurance service users in areas with different climates. J Phys Ther Sci. 2015;27(3):929–32.
  19. Smith M, Parker M. Nursing Theories and Nursing Practice [Internet]. Fourth. Nursing Theories and Nursing Practice 4th Ed. Philadelphia: Davis Company; 2015. 23–34 p. Available from: http://elib.fk.uwks.ac.id/asset/archieve/e-book/KEPERAWATAN/Nursing Theories and Nursing Practice.pdf
  20. UU RI no. 38. Undang-Undang RI No.38 Tahun 2014 tentang Keperawatan. Dep Kesehat RI. 2014;