Hubungan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Daniel Putra Setiawan Gea
Ably Satisfy Harefa
Herni Oktarina Zebua
Riama Marlyn Sihombing
Komilie Situmorang

Abstract

Media pembelajaran audio visual merupakan salah satu alternatif dalam melakukan proses pembelajaran berbasis teknologi. Media pembelajaran dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap mata kuliah tertentu terutama mata kuliah yang mengedepankan aspek psikomotor yang memerlukan peragaan dan demonstrasi. Studi pendahuluan pada 10 mahasiswa didapatkan seluruh mahasiswa menyatakan media pembelajaran audio visual dapat mempengaruhi minat belajar mereka selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan media pembelajaran audio visual dengan minat belajar mahasiswa keperawatan pada pembelajaran daring. Metode: Desain penelitian berupa penelitian kuantitatif korelasional. Sampel berjumlah 173 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik total sampling. Instrumen peneltian menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring dan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil: sebanyak 50,9% responden menyatakan media pembelajaran dengan kategori kurang baik sedangkan 53,8% responden menunjukkan minat belajar tinggi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara media pembelajaran audio visual dengan minat belajar mahasiswa keperawatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
1.
Gea DPS, Harefa AS, Zebua HO, Sihombing RM, Situmorang K. Hubungan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan. jdk [Internet]. 2022 Nov. 29 [cited 2024 May 21];10(3):282-90. Available from: https://jdk.ulm.ac.id/index.php/jdk/article/view/95

References

  1. Achru, P. A. (2020). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2. 10012
  2. Adib, H. S. (2015). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 139–157.
  3. Ahnaf, H., Rochmawati, F., Utami, S. M., Syahputri, D. D., Tadris, D., Indonesia, B., Islam, U., Hasan, Z., Tadris, M., Indonesia, B., Islam, U., & Hasan, Z. (2021). Efektivitas Media Animasi Audio Visual dalam Kuliah Daring Keterampilan Membaca. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pengetahuan, 2, 72–78. http://journal.ainarapress.org/index.ph p/ainj/article/view/27/25
  4. Ahsan, Z. (2016). Definisi minat manusia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  5. Alexander, L., & Wilfert, R. a. (2015). Data Analysis Basics : Variables and Distribution. School of Public Health, 3(5).
  6. Amirullah. (2015). Populasi dan sample. Wood Science and Technology, 16(4), 293–303. https://doi.org/10.1007/BF00353157
  7. Budiono. (2016). Konsep Dasar Keperawatan (A. S. Bangun Asma Darmanto (ed.); 1st ed.). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan; Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  8. Dedimus Berangka, F. W. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar mahasiswa sekolah tinggi katolik santo yakobus merauke. Jurnal Jumpa Vol. VIII, No. 1, April 2020, VIII(1), 30–45.
  9. Desrianti, D. I., Rahardja, U., & Mulyani, R. (2011). Audio Visual As One Of The Teaching. (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, 5(40), 124–144. https://ejournal.raharja.ac.id/index.ph p/ccit/article/view/145/108
  10. Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210
  11. Eliasa, E. I. (2015). Statistika Merupakan Kegiatan Untuk Perhitungan Penelitian. Jakarta; Andi Publisher.
  12. Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.109 73
  13. Ginting, S., & Hermansyah, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Dan Intelektual (Savi) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika Ii. Exacta, 10(1), 98–105. http://repository.unib.ac.id/497/1/12. Isi vol x 2012 - Sura Menda Ginting 098-105.pdf
  14. Hajrah, S. (2011). Correlation between the Learning Media and the Students’ Attitudes. LPMP Sulawesi Selatan, 99–110.
  15. Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Universitas Negeri Makasar, 66, 37–39.
  16. Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
  17. Imas Mustaroh, N. A. T. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/s d/2554/19755.pdf
  18. Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57
  19. Jannah, T. A. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar fiqih peserta didik di maal muslimun lamongan. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2015, 3–13. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf
  20. Junita, & Indrawan, I. G. A. (2020). Dampak penggunaan konten youtube terhadap minat belajar bahasa inggris mahasiswa universitas pamulang. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 34–42. https://journal.lppmunindra.ac.id/inde x.php/SAP/article/view/6539/3215
  21. Kumboyono. (2011). Perbedaan Efek Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Media Cetak Dengan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Tuberkolosis. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 7(1), 43–49. http://ejournal.stikesmuhgombong.ac. id/JIKK/article/view/21/20
  22. Made Tirta Pertiwi, W. R. S. I. N. W. (2013). Pengembangan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas Viii semester Ii tahun pelajaran 2012/2013 smpn 2 kerambitan tabanan. Jurnal EDUTECH Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.150 2
  23. Mahbub, N. F. (2020). Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Selama Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi, 77.
  24. Muhson, A. (2012). Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Promblem-Based Learning. Jurusan Pendidikan Ekonomi, FISE Universitas Negeri Yogyakarta, 39(November), 171–182.
  25. Munawaroh, S., Sujiono, & Pohan, V. Y. (2017). Efektifitas Media Audio Visual (Video) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Pemeriksaan Fisik Pada Mahasiswa S1 Keperawatan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2),
  26. –107.
  27. Purbosari, P., & Sutrisno, T. (2017). Korelasi intensitas menonton youtube dan minat belajar mahasiswa. Program Studi PGSD, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
  28. Purnama, P., Erlidawati, & Nazar, M. (2017). Pengembangan media video animasi berbasis videoscribe pada materi koloid untuk mahasiswa program studi pendidikan fisikat tahun akademik 2016 / 2017. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(3), 256–263. http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/download/4930/2087
  29. Purwanjani, A. L. (2016). Pengembangan media pembelajaran audio visual untuk pelajaran pengolahan makanan kontinental siswa kelas XI smk n 3 klaten. In Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 9, Issue 2). https://www.infodesign.org.br/infodes ign/article/view/355%0Ahttp://www. abergo.org.br/revista/index.php/ae/art icle/view/731%0Ahttp://www.abergo. org.br/revista/index.php/ae/article/vie w/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/ revista/index.php/ae/article/view/106
  30. Sari, I. P., & Sundari, S. (2019). Penerapan Video Pembelajaran dapat Meningkatkan Keterampilan Klinis dalam Pendidikan Keperawatan: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i1.15128
  31. Sayidiman. (2012). Penggunaan media audio visual dalam merangsang minat mahasiswa terhadap mata kuliah seni tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 36–43.
  32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26 858/publikan.v2i1.1583
  33. Sembiring, R. B., & . M. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
  34. Setiadi, D. I. (2020). Keperawatan dasar (1st ed.). Indomedia Pustaka. www.indomediapustaka.com
  35. Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf
  36. Supratjino. (2016). Pengantar riset keperawatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/s d/2554/19755.pdf
  37. Susanti, A. Z. (2016). Jenis – jenis media dalam pembelajaran. Artikel Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–16.
  38. Suwisi, M. M. (2015). Pengaruh penggunaan media visual dan audio visual dalam pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II di Akademi kebidanan Wira Husada Nusantara. 3, 1–9.
  39. Suyoto Sandu, N. sari. (2017). Apilkasi dan teknik survey bidang kesehatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
  40. Tandilangi, A. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah keperawatan dasar I. Klabat Journal of Nursing, 1(1), 9. https://doi.org/10.37771/kjn.v1i1.364
  41. Ugoni, A., & Walker, B. F. (2010). The Chi square test: an introduction. COMSIG Review, 4(3), 61–64. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17989754%0A http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid= PMC2050386
  42. UKI, T. P. K. I. D. P. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa. In P. S. Sintha Lis, Guswantoro Taat, Tobing Fery, Purnamasari Angela Asri (Ed.), Universitas Kristen Indonesia. UKI Press 2020.
  43. Wahidmurni. (2017). Analisis korelasi product moment pearson. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/inde x.php/siklus/article/view/298%0A http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/562 4.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.j ana.2015.10.005%0A http://www.bio medcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.co m/ovidweb.cgi?T=JS&P
  44. Yesi Budiarti, R. T. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Pringsewu, 0–71. https://doi.org/10.28185/pedagogia.v1 i1
  45. Zakiya, R. A. (2019). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih pada peserta didik kelas xi man 1 trenggalek. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699