STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA REGULER FAKULTAS KEDOKTERAN UNLAM YANG SEDANG MENYUSUN KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
In learning process, the students who were preparing scientific papers need learning motivation in
order to achieve satisfactory results even though it would be full of challenges and obstacles that
were able to cause stress. The purpose of this study was to analyzed the relationship between stress
and learning motivation of regular students of medical faculty of Lambung Mangkurat University who
were preparing scientific papers. The quantitative methods were employed in this study, and the
correlational study with cross-sectional approach was the design of the study. The number of
respondents was 80 persons. The samples were gathered using proportional stratified random
sampling technique while the data were collected using questionnaires. It applied the Pearson
correlation test. The results of the correlation test showed that p value was 0,000 indicating that there
was a strong and meaningful relationship between stress and learning motivation of regular students
ofMedical Faculty of Lambung Mangkurat University who were preparing scientific papers.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Hamdu G, Agustina L. Pengaruh
- motivasi belajar siswa terhadap
- prestasi belajar ipa di sekolah dasar.
- Jurnal Penelitian Pendidikan 2011 ; 12
- (1): 90-96.
- Aritonang KT. Minat dan motivasi
- dalam meningkatkan hasil belajar
- siswa. Jurnal Pendidikan Penabur
- ; No.10: 11-21.
- Purwanto H, Syah N, Rani IG.
- Perbedaan hasil belajar mahasiswa
- yang bekerja dengan tidak bekerja
- program studi pendidikan tekhnik
- bangunan jurusan tekhnik sipil ft-unp.
- Cived 2013; 1(1): 34-42.
- Gunawati R, Hartati S, Listiara A.
- Hubungan antara efektivitas
- komunikasi mahasiswa dosen
- pembimbing utama skripsi dengan
- stres dalam menyusun skripsi pada
- mahasiswa program studi psikologi
- fakultas kedokteran universitas
- diponegoro. Jurnal Psikologi
- Universitas Diponegoro 2006; 3(2):
- -115.
- Keputusan Rektor Universitas
- Indonesia Nomor 628/SK/R/UI/2008
- tentang Pedoman Teknis Penulisan
- Tugas Akhir Mahasiswa Universitas
- Indonesia. Depok: Universitas
- Indonesia, 2008.
- Tim Penyusun Pedoman Penulisan
- Karya Tulis Ilmiah Program Studi Ilmu
- Keperawatan. Pedoman penulisan
- karya tulis ilmiah (KTI). Banjarbaru:
- Unit Pelaksana P2M dan KTI Fakultas
- Kedokteran Universitas Lambung
- Mangkurat, 2013.
- Puspitasari DB. Hubungan antara
- persepsi terhadap iklim kelas dengan
- motivasi belajar siswa smp negeri 1
- bancak. Empathy 2012; 1(1): 59-67.
- Fitriani I. Hubungan antara motivasi
- dan keterampilan menggunakan variasi
- mengajar dengan minat belajar
- mahasiswa. Ilmiah 2010; 2 (2): Tanpa
- halaman.
- Dariyo A. Pengetahuan tentang
- penelitian dan motivasi belajar pada
- mahasiswa. Jurnal Psikologi 2004; 2
- (1): 44-48.
- Dewayani A, Sukarlan AD, Turnip SS.
- Perceived peer social support dan
- psychological distress mahasiswa
- universitas indonesia. Makara Sosial
- Humaniora 2011; 15(2): 86-93.
- Rohmah FA. Pengaruh diskusi
- kelompok untuk menurunkan stress
- pada mahasiswa yang sedang skripsi.
- Humanitas Indonesian Psychological
- Journal 2006; 3(1): 50 – 62.
- Adi TN. Perilaku coping mahasiswa
- dalam mengatasi stres mengikuti mata
- kuliah mpk kuantitatif. Acta diurna
- ; 6(2): 1-11.
- Pathmanathan VV, Husada MS.
- Gambaran tingkat stres pada
- mahasiswa fakultas kedokteran
- universitas sumatera utara semester
- ganjil tahun akedemik 2012/2013. EJournal FK USU 2013; 1(1 ): 1-4.
- Wulandari RP. Hubungan tingkat
- stress dengan gangguan tidur pada
- mahasiswa skripsi di salah satu
- fakultas rumpun science-technology ui.
- Depok. Skripsi Fakultas Ilmu
- Keperawatan UI, 2012.
- Stres dengan Motivasi Belajar DK Vol.3/No.1/Maret/2015
- Syofia E. Faktor-faktor yang
- menyebabkan stres pada mahasiswa
- fakultas keperawatan usu yang sedang
- menyelesaikan skripsi. Sumatera
- Utara. Skripsi Fakultas Keperawatan
- Universitas Sumatera Utara, 2009.
- Kusumaningrum AT. Pengaruh
- stressor dan cara belajar terhadap
- prestasi belajar pada mahasiswa
- diploma III kebinanan stikes
- muhammadiyah lamongan. Surya
- ; 1(14): 44-50.
- Fadillah AER. Stres dan motivasi
- belajar pada mahasiswa psikologi
- universitas mulawarman yang sedang
- menyusun skripsi. Ejournal Psikologi
- ; 1 (3): 254-267.
- Rettob HC. Identifikasi faktor-faktor
- penyebab stres mahasiswa yang sedang
- menempuh skripsi di universitas
- katolik soegijapranata: studi kasus
- pada mahasiswa fakultas ekonomi
- jurusan manajemen dan jurusan
- akuntansi universitas katolik
- soegijapranata. Semarang. Skripsi
- Fakultas Ekonomi Universitas Katolik
- Soegijapranata, 2008.
- Upoyo AS, Sumarwati M. Analisis
- faktor-faktor yang mempengaruhi
- motivasi mahasiswa profesi ners
- jurusan keperawatan unsoed
- purwakerto. Jurnal Keperawatan
- Soedirman 2011; 6(2): 81 -87.
- Pujadi A. Faktor-faktor yang
- mempengaruhi motivasi belajar
- mahasiswa: studi kasus pada fakultas
- ekonomi bunda mulia. Business &
- Management Journal Bunda Mulia
- ; 3(2): 40-51.
- Arie, Panji A, Johan, Triyani R.
- Hubungan antara stres dengan motivasi
- belajar pada mahasiswa yang bekerja
- sebagai salesman. Jakarta. Thesis
- Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya,
- Rahmi N. Hubungan tingkat stress
- dengan prestasi belajar mahasiswa
- tingkat II prodi d-III kebidanan banda
- aceh jurusan kebidanan poltekkes
- kemenkes nad ta. 2011/2012. Jurnal
- Ilmiah Stikes U’budiyah 2013; 2(1):
- -76.