MEKANISME KOPING DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SISTEM PEMBELAJARAN BLOK ANGKATAN 2013

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Grace Epyfania Simarmata
Dhian Ririn Lestari
Herry Setiawan

Abstract

Dealing with various demands in learning process makes students fear of the decline in their
learning achievement, so as the students perform an action to cope with it, which is called coping.
The purpose of this study was to find out the relationship between coping mechanism and learning
achievement of students with block learning system batch 2013 of nursing program, faculty of
medicine Lambung mangkurat University Banjarbaru. This study was used analytic descriptive with
cross sectional design. The data were collected by means of a questionnaire. The number of
respondents was 57 persons selected by a total sampling technique. The results of the statistical
analysis using the Pearson correlation test indicated that there was a significantly positive
relationship between the coping mechanism and the learning achievement of students with block
learning system batch 2013 of Nursing Program, Faculty of Medicine Lambung Mangkurat
University Banjarbaru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
1.
Simarmata GE, Lestari DR, Setiawan H. MEKANISME KOPING DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SISTEM PEMBELAJARAN BLOK ANGKATAN 2013. jdk [Internet]. 2023 Apr. 3 [cited 2024 May 19];3(1):21-33. Available from: https://jdk.ulm.ac.id/index.php/jdk/article/view/488

References

  1. Kiswoyowati A. Pengaruh motivasi
  2. belajar dan kegiatan belajar siswa
  3. terhadap kecakapan hidup siswa.
  4. ISSN 1412-565X, 2011; (1) 120-
  5. Anonimous. Buku panduan
  6. akademik program studi ilmu
  7. keperawatan fakultas kedokteran
  8. unlam. Banjarbaru: Kementrian
  9. Pendidikan Dan Kebudayaan
  10. Universitas Lambung Mangkurat,
  11. Asmin. Konsep dan metode
  12. pembelajaran untuk orang dewasa
  13. (andragogi). (online).
  14. (http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._
  15. pend._luar_sekolah/1951091419750
  16. -ayi_olim/andragogi_pdf2.pdf).
  17. Direktorat Jenderal Pendidikan
  18. Tinggi.Buku Panduan
  19. Pengembangan Kurikulum Berbasis
  20. Kompetensi Pendidikan Tinggi,
  21. Pusat pengembangan pendidikan
  22. Universitas Gadjah Mada. Buku
  23. panduan pelaksanaan student
  24. sentered learning (SCL) dan student
  25. teacher aesthetic role-sharing (star),
  26. Indra SF. Perbedaan mekanisme
  27. koping mahasiswa baru fakultas
  28. kesehatan masyarakat universitas
  29. Indonesia regular 2011 yang tinggal
  30. bersama orang tua dengan yang
  31. tinggal tidak bersama orang tua.
  32. Skripsi. Program Studi ilmu
  33. Keperawatan Fakultas keperawatan
  34. Universitas Indonesia, 2012.
  35. Nurhafizah, Risma D, Hamidy MY.
  36. Hubungan toleransi stress dengan
  37. indeks prestasi mahasiswa baru
  38. tingkat pertama fakultas kedokteran
  39. Riau. Jurnal Fakultas Kedokteran
  40. riau. 2013; 1:1-10.
  41. Rachmah DN. Hubungan self
  42. eficiecy, coping stress, dan prestasi
  43. akademik. Jurnal Ecopsy 2013; 1(1),
  44. -2.
  45. Rahmi N. Hubungan tingkat stress
  46. dengan prestasi belajar mahasiswa
  47. Mekanisme Koping dengan Prestasi DK Vol.3/No.1/Maret/2015
  48. tingkat II prodi D-III kebidanan
  49. Banda Aceh jurusan kebidanan
  50. poltekkes kemenkes NAD TA.
  51. /2012. Jurnal Ilmiah Stikes
  52. U’budiyah 2013; 2(1): 66-76.
  53. Dayfifenty Y, Nurhidayah RE.
  54. Stresor dan koping mahasiswa
  55. pembelajaran kurikulum berbasis
  56. kompetensi Fakultas Keperawatan
  57. Universitas Sumatera Utara. (online)
  58. (http://jurnal.usu.ac.id/index.php/jkh/
  59. article/download/44/64).
  60. Mesarini B, Astuti VW. Stres dan
  61. mekanisme koping terhadap
  62. gangguan siklus menstruasi pada
  63. remaja putri. Jurnal STIKES. 2013;
  64. (1): 31-42.
  65. Sastroasmoro S. Dasar-dasar
  66. metodologi penelitian klinis. Jakarta:
  67. Sagung Seto, 2008.
  68. Wong’s & Hockenberry. Wong’s
  69. nursing care of infants and children.
  70. (8th ed.). Canada: Mosby Elsevier,
  71. Pambudi PS, Wijayanti DY.
  72. Hubungan konsep diri dengan
  73. prestasi akademik pada mahasiswa
  74. keperawatan. Jurnal Nursing Studies
  75. ; 1(1):149-159.
  76. Sahputra N. Hubungan konsep diri
  77. dengan prestasi akademik
  78. mahasiswa S1 keperawatan semester
  79. III kelas ekstensi psik USU Medan.
  80. Skripsi. Program Studi ilmu
  81. Keperawatan Fakultas keperawatan
  82. Universitas Sumatera Utara, 2009.
  83. (online),
  84. (http://repository.usu.ac.id/bitstream/
  85. /14291/1/09E00579.pdf).
  86. Dani SM, Hamidyz MY, Rismas D.
  87. Hubungan antara tingkat stres
  88. dengan strategi koping pada
  89. mahasiswa kepanitraan klinik.
  90. Fakultas Kedokteran Universitas
  91. Riau.
  92. Intani FS, Surjaningrum ER. Coping
  93. strategy pada mahaiswa salah
  94. jurusan. INSAN 2010 ;12 (2).
  95. Hendikawati P. Analisa faktor yang
  96. mempengaruhi indeks prestasi
  97. mahasiswa. (online),
  98. (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.
  99. php/kreano/article/view/1243).
  100. Andrian H. hubugan motivasi belajar
  101. dan prestasi akademik mahasiswa S1
  102. keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu
  103. Kesehatan Dian Husada Mojokerto.
  104. Jurnal Keperawatan 2012; 1(1).
  105. Naufal Y. Modul terapan analisis
  106. data multivariat konsep dan aplikasi
  107. regresi linear ganda. Depok, 2003.
  108. Abdullah MC, Ellas H, Ulli
  109. J,Mahyuddin R. Relationship
  110. between coping and university
  111. adjustment and academis
  112. achievement amongst first year
  113. undergraduates in a Malaysian
  114. public university. International
  115. journal of arts and sciencese 2010;
  116. (11): 379-392.
  117. Naqiyah N, Satiningsih. Pengaruh
  118. kemampuan mengatasi kesulitan
  119. belajar (coping self eficacy terhdap
  120. prestasi akademik mahasiswa. Jurnal
  121. Psikologi: Teori & Terapan 2010;
  122. (1).
  123. Shankland R, Genolini C, France
  124. LR, Guelfi JD, and Ionescu S.
  125. Student adjustment to higher
  126. education: the role of alternative
  127. educational pathways in coping with
  128. the demands of student life. High
  129. Educ 2010; 59: 353-366.