STORYTELLING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL (KETERAMPILAN SOSIAL DAN MASALAH PERILAKU) ANAK USIA 5-6 TAHUN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Child development at the age of 5-6 years can occur biologically, psychologically and
sociologically. The emotional social development (social skill and problem behavior) of 5-6 years
olds can be improved by storytelling. The aim of this study to know the influence of storytelling on
emotional social development (social skill and problem behavior) of children 5-6 years old in
PAUD Panenga Palangka Raya. This research used pre-experimental design with one group
pretest posttest design. The respondents amount 14 people taken in total sampling with
instruments are Preschool and Kindergarten Behavior Scales (PKBS) and storytelling
instruments. Data analysis used Wilcoxon Test with p value 0,002 for social skill and p value
0,007 for problem behavior it is mean (p <0,05), so there is influence storytelling to emotional
social development of 5-6 years old child in PAUD Panenga Palangka Raya. Storytelling was
very useful for nursing staff to optimize the emotional social development (social skill and
problem behavior) of children 5-6 years old.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Santrock, J. W. Masa perkembangan
- anak (11 ed., Vol. 2). Jakarta:
- Salemba Humanika, 2011 .
- Simangunsong, E. Peran perawat
- dalam pencegahan dampak
- hospitalisasi pada anak di rumah
- sakit umum di medan. Medan:
- Fakultas Keperawatan Universitas
- Sumatera Utara, 2011.
- Mutiah, D. Psikologi bermain anak
- usia dini. Jakarta: Prenada Media
- Group, 2010.
- Mashar, R. Emosi anak usia dini dan
- strategi pengembangannya. Jakarta:
- Kencana Prenada Media Group,
- Mustofa, B. Melejitkan kecerdasan
- anak melalui dongeng. Yogyakarta:
- Parama Ilmu, 2015.
- Susanto, A. Perkembangan anak
- usia dini. Jakarta: Kencana Prenada
- Media Group, 2011.
- Nurmalitasari, F. Perkembangan
- sosial emosi pada anak usia
- prasekolah. Volume 23 (2), 103-
- , 2015.
- Stefani dkk, Storytelling terhadap Perkembangan Sosial . . .
- http://download.portalgaruda.org/art
- icle.php?article=409479&val=7990
- &title=Perkembangan%20Sosial%2
- Emosi%20pada%20Anak%20Usia
- %20Prasekolahdi akses pada tanggal
- Februari 2017
- Oetomo, R. K Pengaruh tayangan
- sinetron remaja di televisi terhadap
- anak. , 1-6, 2012.
- Hernawati, M. A. Televisi dalam
- kehidupan anak. Prosiding Seminar
- Nasional Penelitian dan PKM:
- Sosial, Ekonomi dan Humaniora
- (hal. 477), 2011. Bandung: Fakultas
- Komunikasi, Universitas Islam
- Bandung.
- prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.p
- hp/sosial/article/download/167/108
- di akses pada tanggal 31 Maret
- Hidayat, A. Pengaruh dongeng
- dalam masa kanak-kanak terhadap
- perkembangan seseorang. Jurnal
- Studi Gender & Anak, Volume 4
- (Nomor 2), Hlm. 335-344, Bulan
- Juli-Desember, 2009.
- Puteri, A. Dongeng sepanjang masa.
- Jakarta: Al-Kautsar Kids, 2015.
- Hendri. Pendidikan karakter
- berbasis dongeng. Bandung:
- Simbiosa Rekatama Media, 2013.
- Asfandiyar, A. Y. Cara pintar
- mendongeng. Jakarta: Mizan, 2007.
- Nurhamidah. Pengaruh metode
- bercerita terhadap keterampilan
- sosial anak usia prasekolah di tk
- siaga tunas kelapa ngalangan
- sardonoharjo ngaglik sleman.
- Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial
- dan Humaniora Universitas Islam
- Negeri Sunan Kalijaga, 2013.
- http://digilib.uin-suka.ac.id/12457/1/
- di akses pada tanggal 2 April 2016.
- Hurlock, E. B. Perkembangan anak.
- (A. Dharma, Penyunt., & M. T.
- Zarkasih, Penerj.) Jakarta: Erlangga,
- Luh Ayu Tirtayani, N. M.
- Perkembangan sosial emosional
- pada anak usia dini. Yogyakarta:
- Graha Ilmu, 2014.
- Argyle, M. The psychology of
- happiness, 2nd edition. New York:
- Routledge Taylor & Francis Group,
- Henny, S. Cara Bercerita Yang
- Efektif dan Menarik. Bandung:
- Disdik Provinsi Jawa Barat, 2007.
- Sophiani, P. Peran storytelling
- sebagai sarana promosi
- perpustakaan tk/sd al-izhar pondok
- labu. Jakarta: Fakultas Adab Dan
- Humaniora, 2008.